Kita sebagai manusia diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. Apa yang sekarang kita miliki bersyukurlah. Karena, Allah SWT memberikan nikmat yang begitu banyak meski kita tak menyadarinya.

Jika Allah belum memberikan apa yang kita inginkan, maka bersabarlah. Karena Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hambanya. Boleh jadi sekarang sesuatu yang kita inginkan terbayang begitu indah. Namun pada nyatanya, itu tidak. Oleh karena itu, Allah tidak memberikan atau tidak mengabulkan apa yang kita minta.

Sebenarnya, bersyukur itu sangat mudah. Bilang Alhamdulillah saja sudah bagus. Namun, kebanyakan orang masih terasa sulit untuk bersyukur. Selalu ada yang kurang di dalam dirinya. Kurang inilah, itulah, pokoknya apa yang Allah beri itu kurang (tidak cukup). Padahal, masih ada orang yang lebih sengsara hidupnya dibandingkan dengan kita.

Rasulullah SAW bersabda :

“Lihatlah orang-orang yang keadaannya di bawah kamu, dan janganlah kamu melihat orang yang keadaannya diatas kamu. Karena yang demikian, lebih patut (menyebabkan) bahwa kamu tidak menganggap nikmat Allah kepadamu.”

Maksud Hadist di atas adalah bahwa kita harus senantiasa melihat seseorang yang keadaannya lebih buruk dari kita dan janganlah kamu melihat seseorang yang keadaannya di atas kita atau lebih baik dari kita. Karena dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk bersyukur dan tidak akan menganggap ringan nikmat Allah SWT.

Jadi, mulai sekarang yuk kita bersyukur. Karena dengan bersyukur, Insya Allah rezeki kita akan ditambah dan hidup kita menjadi berkah.